T-Remitt Bisa Transfer Uang Langsung Ke Kampung

KOMPAS.com - Para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kini bisa mengirim uang hasil keringatnya selama di luar negeri ke kampung halaman dengan lebih mudah melalui T-Remitt. Layanan baru dari Telkomsel ini memungkinkan TKI untuk melakukan pengiriman uang ke Indonesia secara mudah, cepat, aman, dan efisien, sementara si penerima dapat mencairkannya di KUD (Koperasi Unit Desa) terdekat di kampungnya.

Telkomsel bekerjasama dengan 13 Koperasi Unit Desa (KUD) di Pelabuhan Ratu, Sukabumi mulai menyediakan layanan T-Remitt sejak akhir pekan lalu.Untuk kemudahan pengiriman uang, layanan T-Remitt menjadi solusi tepat, karena pelanggan cukup melakukan setoran (cash in) ke lebih dari 3.200 counter CTI dan Mobility One yang tersedia di Hongkong, Malaysia, Taiwan, Timur Tengah, Brunei, Kamboja, Selandia Baru, Australia dan Jepang. Selanjutnya, keluarga penerima yang telah menggunakan layanan T-Cash akan menerima notifikasi SMS kiriman dan dapat langsung menguangkan uang elektronik tersebut di koperasi terdekat.

"Layanan ini mampu mengurangi biaya kirim uang antar negara yang cukup tinggi, yakni hingga 10 persen jika dibandingkan dengan pengiriman uang dengan metode lain. Dengan lebih murahnya biaya pengiriman uang, akan memungkinkan TKI mengirim uang lebih banyak kepada keluarganya di Indonesia," papar GM Sales and Customer Service Jabotabek Telkomsel Riza A Wildani dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Riza mengatakan, Sukabumi khususnya Pelabuhan Ratu merupakan salah satu kantong TKI dengan negara tujuan terbanyak Malaysia dan Hongkong. Layanan T-remitt akan mempermudah TKI untuk mengirimkan uang kepada keluarganya di Indonesia, karena TKI dan keluarganya tidak perlu punya account bank. Keluarga TKI hanya perlu menggunakan HP dengan kartu Telkomsel (kartuHALO, simPATI atau kartu As).

Berdasarkan data terbaru Kantor Pos Sukabumi, jumlah kiriman uang dari TKI asal Sukabumi melalui Western Union (WU), sepanjang tahun 2009 hingga awal bulan Desember mencapai Rp 317 miliar dengan jumlah 108.152 kali transaksi. Padahal pada tahun 2008 lalu, total jumlah kiriman TKI Sukabumi hanya sebanyak Rp 144 miliar. Jumlah itu akan terus bertambah, diperkirakan hingga akhir tahun 2009 mendatang, jumlah kiriman uang sepanjang tahun ini bisa mecapai Rp 350 miliar lebih. Kiriman uang dari TKI asal Kabupaten/Kota Sukabumi tahun ini meningkat sekitar 120 persen, salah satu faktornya adalah bertambahnya jumlah TKI asal Sukabumi yang bekerja di luar negeri.

Kerjasama Telkomsel dan KUD Pelabuhan Ratu ini merupakan implementasi dari kerjasama sebelumnya, di mana Telkomsel bersama Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) telah mencapai kesepakatan untuk menghadirkan layanan Koperasi Community, T-Cash & T-Remitt, Push Email, dan layanan untuk pengembangan komunitas koperasi di daerah USO (Universal Service Obligation) seperti misalnya menjadi dealer produk Telkomsel (outlet Mkios).